Memperbaiki Head Printer Epson Yang Rusak

Head Printer Epson Yang Rusak

Head printer Epson yang rusak membuat hasil print yang buruk dan tidak bagus, apalagi untuk mencetak foto, berikut adalah ciri-ciri head printer rusak & cara memperbaikinya.

Seperti yang kita tahu bahwa printer Epson memiliki head yang terpisah antara head dan cartridge. Tidak seperti printer Canon, printer tipe L memiliki head yang lebih baik dan tidak mudah rusak serta murah biaya perawatan.

Head Printer Epson Yang Rusak

Fungsi head sangat penting, printer head mengalirkan tinta ke media cetak sehingga tulisan dokumen atau gambar tercetak dikertas, kerusakan terhadap head printer akan mempengaruhi seluruh hasil cetak.

Cara memperbaiki head printer Epson yang rusak bisa diatasi dengan mengetahui terlebih dahulu jenis kerusakannya. Bisa jadi printer menghasilkan hasil cetak bergaris atau hanya karena tinta printer masuk angin.

Head printer Epson yang rusak juga bisa menjadi masalah yang sangat serius. Harga head printer ini bahkan bisa hampir harga printer itu sendiri. Penting menjaga agar printer anda tetap berjalan normal dan menghindari semua kesalahan.

Ciri-ciri head printer Epson rusak

Ciri-ciri jika head printer Epson anda rusak bisa tampak seperti hasil cetakan yang putus-putus, bergaris atau bahkan warnanya yang tidak sesuai lagi.

Jika masalah seperti diatas terjadi saat anda mulai mencetak menggunakan printer seperti Epson L210, L3110, R230, T13 dan sejenisnya dan hasilnya rusak, bisa jadi itu pertanda head printer Epson anda rusak.

Dengan mengetahui head printer yang rusak, anda bisa mengetahui bahwa ini sudah menimbulkan masalah, dengan berbagai macam penyebab dan anda harus mulai membuat printer bisa berjalan normal kembali.

Mengatasi head Printer Epson yang Rusak

Masalah seperti ciri-ciri diatas sebenarnya bisa diatasi dengan mudah.

Anda tidak perlu membawa printer anda ketempat komputer untuk memperbaikinya, dengan melakukan cleaning atau deep cleaning anda bisa mengembalikan hasil cetakan printer seperti sediakala.

Jika head printer Epson anda mengalami masalah dengan tidak ada tinta yang keluar sama sekali, masalah seperti ini lebih berat dari pada cetakan garis dan buram. Penyebab head printer rusak seperti ini terjadi karea ada penyumbatan di head printer. Anda bisa mengatasinya dengan cara mencuci head printer dengan cleaner lalu coba pasang kembali. Biasanya masalah bisa teratasi dengan cara seperti ini.

Namun jika kerusakan terjadi pada bagian mekanikalnya, semahal apapun cleaner yang anda pakai untuk memperbaiki head, maka kerusakan tetap tidak bisa teratasi dan hasilnya tetap rusak.

Perlu diketahui juga bahwa head printer terbuat dari bahan metal. Lama kelamaan head akan mengalami masa oksidasi atau berkarat dengan sendirinya, dengan menggunakan printer secara berkala (sehari minimal 1 kali cetakan) membuat proses oksidasi ini jarang terjadi dan tentu membuat head printer tidak terjadi penggumpalan tinta dan membuat printer lebih awet.