Cara Memperbaiki General Error pada Printer Epson

General Error adalah error yang fatal yang biasa terjadi pada printer Epson tipe L, baik L100, L800, L200, T60 dll. Kamu bisa memperbaiki error ini dengan lihat tutorial dibawah ini. Kami membahasnya lengkap untuk anda.

Bisa jadi anda telah mengecek semua kerusakan printer, tinta yang masih penuh, semua indikator benar dan tidak ada kerusakan, test print sebelumnya juga tidak ada kerusakan apapun. Tapi error ini bisa benar-benar terjadi secara tiba-tiba dan mengganggu kinerja kita. Tulisan komputer juga memunculkan pesan “General Error“.

Memperbaiki General Error

Memperbaiki General Error

Untuk mengatasi masalah ini, anda tidak perlu keahlian khusus. Anda cukup mengikuti tutorial dibawah untuk memperbaiki general error pada printer Epson anda. Jika biasa kita menggunakan resetter untuk melakukan reset pada printer, tapi error seperti general error ini sering tidak bisa berjalan walaupun telah kita reset.

Sebagai info selain error tersebut, tertulis juga dibawah yaitu Delete all print jobs and turn the pritner off. Remove any foreign object from inside the printer. After a few minutes, turn the printer back on.

Cek Cartridge Infus (CISS)

Yang pertama yang bisa anda lakukan jika mengalam General Error adalah dengan mengecek dahulu Cartridge infusnya.

Apakah ada yang copot atau tidak sesuai peletakannya. Hal-hal kecil yang nyangkut, ada benda kecil yang menghambat jalannya head cartridge juga bisa menyebabkan hal ini terjadi.

Putaran Motor Cartridge Lemah

Penyebab general error pada printer Epson salah satunya disebabkan oleh putaran motor cartridge yang sudah lemah. Biasa terjadi pada printer Epson T13 maupun L100 dan L800.

Gejalanya yaitu saat printer dihidupkan cartridge berjalan tersendat-sendat dan kemudian komputer memunculkan pesan Genera Error dan diikuti oleh lampu printer berkedip berwarna orange dan hijau secara bersamaan.

Motor Cartridge

Motor ini bisa rusak jika sudah lama digunakan, sering digunakan sehingga karbon dari motor ini akan terkikis habis dan bubuk kikisan akan menyumbat laju motor dan menyebabkan cartridge berjalan tersendat-sendat.

Buka printer dan buang bubuk yang ada didalam motor ini jika memungkinkan, atau mengganti motor dengan membelinya yang baru. Membuang bubuk cukup dengan membukanya dan mengetuk dibenda yang keras agar bubuk karbonnya keluar, atau bisa membongkar dan membersihkannya.

motor carriage Epson L100

Cek Jalur Selang

Jika kamu menggunakan selang infus, atau printer infus yang sudah bawaan pabrik, buka printer anda dan perhatikan jalur dari selang tinta. Posisi selang infus yang tidak benar juga bisa salah satu penyebab dari general error.

Jika ada yang copot dan jatuh sehingga menghambat head printer untuk berjalan silahkan perbaiki dan tempatkan pada tempat semula. Gunakan lapban untuk membantu merekatkan atau benda lain yang bisa membuat jalur printer bisa berjalan normal kembali.

Hal ini juga berpengaruh jika selang terlalu kencang atau terlalu longgar sehingga menghambat jalur rumah cartridge. Perhatikan lagi sehingga tidak ada general error yang terjadi pada printer anda.

Kabel Putus

Penyebab lain yang sering terjadi yaitu kabel print head yang putus, ini sering terjadi karena setiap mencetak kabel ini bergerak mengikuti pergerakan print head yang lama kelamaan membuat kabel menjadi korosi hingga putus atau mengganggu kinerja print head.

kabel print head

Ciri kerusakan pada kabel putus adalah ketika print head bergerak, error terjadi dan jika melakukan adjustment program akan muncul pesan error “head hot error”, selain itu anda akan melihat secara fisik print head yang rusak, sobek, putus dll.

Cek Rol penarik kertas

Rol penarik kertas yang tersangkut dengan barang tertentu bisa juga menyebabkan printer terjadi error general seperti gambar diatas.

Cek kembali tempat feed kertas, apakan rol penarik kertasnya aman. Gunakan lampu pembantu untuk membantu cahaya melihat benda asing yang menyebabkan general error ini. Jika error ini terjadi, melakukan cleaning pada printer juga tidak bisa.

Motherboard Printer Rusak

Salah satu kerusakan printer yang menyebabkan general error adalah kerusakan pada motherboard printer. Hal ini memang jarang terjadi karena printer sulit untuk error seperti ini namun bisa salah satu indikasi apalagi dimusim penghujan seperti ini menyebabkan printer anda basah terkena air dan menyebabkan motherboard rusak.

Jika masalah ini terjadi, cara satu-satunya untuk memperbaiki yaitu dengan mengganti printer dengan motherboard terbaru.

Ganti Head Printer

Ini adalah jalan terakhir yang sering saya gunakan mengatasi masalah ini. Biasa kami mengganti head printer dan voila! printer tidak mengalami error lagi dan aktifitas printing bisa berjalan normal kembali.

Kerusakan print head biasa terjadi karena print head yang memang sudah melemah, menyebabkan fatal error dan print tidak bisa berjalan mulus. Berikut ciri-ciri jika print head anda rusak.

  1. Terjadi blingking seperti ketika motor head rusak. Yaitu nyala berkedip sekalian lampu kuning dan hijau.
  2. Biasanya general error terjadi saat proses printing dijalankan, kadang bahkan setelah proses print selesai
  3. Biasanya general error terjadi saat proses head cleaning atau setelah head cleaning
  4. Jika dicek dengan adjustment program, maka pesan error yang muncul yaitu Head hot error.

Berdasarkan pengalaman yang pernah kami dapatkan dilapangan, error seperti general printer Epson ini terjadi karena kerusakan pada bagian mekanik atau mainboard atau head printer seperti yang telah kita jelaskan.

Komponen yang rusak ini bisa diganti dengan membeli setiap part yang dibutuhkan, namun anda harus mengidentifikasi dulu kerusakan apa yang terjadi dengan memperhatikan printer pada saat apa terjadi error dengan muncul pesan pada komputer.

Blingking general error ini sering terjadi jika pemakaian printer telah lama dan pemakaian printer yang kurang baik. Bagian mekanik printer harus anda jaga dari benda asing, debu dan gigitan tikus sekalipun. Bisa kami katakan bahkan bagian hardware yang sering mengalami masalah pada error ini.

CR Scale yang Kotor & Besi Cartridge Kering

Bagi yang belum tau, CR Scale adalah pita panjang yang transparan terletak panjang membentang sepanjang jalur pergerakan head cartridge.

Pita panjang ini bisa kotor jika terkena tinta dan menempel sepanjang jalur menyebabkan terganggunya rumah cartridge untuk berjalan dengan normal. Karena printer akan melakukan kalibrasi sebelum melakukan printing dan jika tali ini kotor, maka proses kalibrasi akan error menyebabkan terjadinya “General Error”.

CR Scale Kabel printer

Jika kotor dari CR Scale ini sedikit, biasanya hanya menyebabkan kualitas print yang blur terutama pada teks atau tulisan yang tampak berbayang.

Selain itu, jalur rumah cartridge yang besi berbentuk bulat bisa menyebabkan general error juga. Hal ini membuat jalur jalan cartridge menjadi sulit, kesat bahkan hingga macet dan memunculkan error pada komputer.

Printer baru biasa bagian ini akan tampak licin dan mudah untuk rumah cartridge untuk berjalan. Namun jika printer sudah berumur, disini akan kering dan menjadi kesat.

Solusinya yaitu dengan mengolesi grease atau pelumas sehingga rumah cartridge bisa berjalan normal kembali, sehingga mulus dan tidak terhambat.

Jalur rumah cartridge

Eeprom Rusak

Kejadian Eeprom yang rusak dan mengakibatkan general error biasanya jarang terjadi, namun bisa jadi salah satu kendala jika semua langkah diatas tidak ada dalam kriteria kerusakan.

File Eeprom yang corrupt ditandai biasanya ketika printer dihidupkan, komputer langsung menerima pesan error.

Untuk memperbaikinya silahkan ganti IC Eeprom dengan yang baru yang telah diisi firmware sesuai tipe printer yang kamu miliki.

Beli Eeprom

Kesimpulan

Memiliki printer dengan kualitas yang bagus tentu dambaan kita semua. Hasil print bagus, cepat dan sesuai kebutuhan akan mempercepat kinerja kita. Baik sebagai mahasiswa, dosen, guru maupun tukang printer seperti saya.

Tidak hanya printer Canon yang sering error seperti 5B00, printer Epson juga sering mengalami error seperti Service Required atau General Error seperti pada artikel ini. Dalam memperbaiki error seperti general error maka perlu dianalisa terlebih dahulu, bagaimana kerusakan dan waktu error yang terjadi pada printer yang digunakan.

Beberapa poinnya yang perlu diperhatikan yaitu:

  1. Kapan general error printer Epson terjadi?
  2. Pada saat proses apa printer Epson terjadi general error?
  3. Serta komponen apa yang melakukan proses sehingga error.

Sehingga selanjutnya anda bisa mengambil tindakan yang dibutuhkan.

Semoga tutorial diatas bisa bermanfaat untuk anda dan bisa membuat printer anda normal kembali seperti sediakala.

Leave a Reply

Your email address will not be published.