Cara Menghemat Tinta Printer (Semua Merk Printer)

Dalam artikel ini kita akan mencoba menghemat tinta printer agar tidak cepat habis, dengan menghemat tinta printer berarti anda telah mengurangi banyak cost dan menghindari banyak tinta yang terbuang.

Percetakan dalam jumlah yang banyak membuat tinta printer cepat habis, kedalaman warna serta kualitas cetakan juga menjadi faktor hemat tidaknya tinta printer anda.

Menghemat tinta printer

Dengan memahami cara menghemat tinta ini, setidaknya anda bisa menghemat cost, penggunaan yang tepat pada settingan printer anda, terutama anda mahasiswa yang tidak ingin banyak pengeluaran.

Sangat mudah menghemat tinta pada printer anda, anda cukup memperhatikan dengan seksama poin-poin yang kami jelaskan dibawah ini. Silahkan lihat cara menghemat tinta printer ala cooltobefrugal dibawah.

Cara menghemat tinta printer

  1. Sebelum mencetak, lakukan print preview pada aplikasi yang anda gunakan. Selain melihat sementara hasil cetakan, anda juga bisa review kembali sebelum memulai cetak untuk meminimalisir kesalahan.
  2. Gunakan font yang tipis dan kecil untuk menghemat tinta yang anda gunakan, jangan gunakan font yang tebal, apalagi anda bold. Minimalisir juga penggunaan gambar, atau perkecil jika tidak memungkinkan dihapus.
  3. Menggunakan mode Draft, dengan menggunakan mode ini pada settingan printer, maka tinta yang digunakan akan berkurang hingga setengah dan cetak juga lebih cepat. Tapi perlu diketahui bahwa hasil cetakannya kurang bagus. Printer Epson L3110 bisa menggunakan mode ini.
  4. Tingkatkan kecerahan gambar, dengan meningkatkan kecerahan gambar seperti menambah levels, atau brightness, maka printer anda akan mencetak gambar dengan penggunaan tinta yang tidak banyak. Semakin gelap gambar yang dicetak, semakin banyak juga tinta yang dibutuhkan.
  5. Menggunakan mode grayscale, selain mode draft anda juga bisa menggunakan mode grayscale atau hitam putih dan abu-abu, dengan cara ini tinta warna lain selain hitam tidak digunakan dan tinta hitam juga sedikit lebih hemat.
  6. Gabungkan dokumen anda menjadi 1 halaman, jika anda ingin mencetak untuk catatan biasa, gabungkan dokumen sehingga 2 lembar menjadi 1 atau 4 lembar menjadi 1. Pastikan dokumen anda tetap terbaca dengan baik.

Sangat mudah untuk memulai menghemat penggunaan tinta printer anda. Diatas adalah kiat-kiat yang bisa anda ikuti agar printer anda tetap awet dan tahan lama serta tidak banyak menghabiskan banyak uang untuk membeli tinta baru. Tentu tips diatas bisa bekerja dengan baik walaupun anda menggunakan printer Epson, Canon, Brother atau HP.

Apalagi anda yang selalu menggunakan tinta original agar printer tetap awet dan tidak kehilangan garansi, cara diatas untuk menghemat tinta tentu akan anda perlukan, mengingat juga harga tinta ori yang mahal.

Semoga tips diatas bisa bermanfaat bagi anda dan keluarga, wassalam.