Cara Membuat Pembuangan Tinta Printer Dengan Mudah

Membuat pembuangan tinta printer perlu dibuat agar printer tidak cepat mengalami kebocoran, menghindari printer dari kerusakan terpercik tinta, dan dalam artikel ini kita akan mencoba belajar bagaimana membuat buangan tinta printer dengan mudah.

Membuat buangan tinta sebetulnya mudah dilakukan, anda hanya perlu menyiapkan selang untuk pembuangan, dan botol bekas sebagai tinta penampung tempat buangan tinta. Berikut cara membuat pembuangan tinta printer.

Persiapan peralatan

Pertama yang perlu kita siapkan yaitu peralatan untuk membuat buangan tinta. Beberapa diantaranya yaitu:

  1. Obeng untuk membuka penutup
  2. Selang kecil
  3. Tabung pembuangan / botol sisa apapun boleh yang penting botol kosong
  4. Kain lap/ Tisue
  5. Lapban
  6. Paku
  7. Api / Korek

Selang yang disiapkan sekitar 20cm atau kemana jalur buangan untuk dibuang, jika pas dibelakang printer cukup 10cm saja.

Lapban digunakan untuk merekatkan buangan ini kedinding atau ke belakang printer langsung agar mudah dibawa kemana-mana.

Membuat Pembuangan Tinta

Langkah pertama untuk membuangan tinta yaitu dengan membuka penutup printer bagian belakang, gunakan obeng untuk membuka bagian belakang ini. Setiap printer ada kotak kecil dibelakang printer yang bisa dibuka.

Membuat Pembuangan Tinta

Selanjutnya cari selang putih kecil yang ada dibelang printer setelah membuka penutup tersebut. Jika sudah menemukan selang ini, tarik secara perlahan dan hati-hati jangan sampai terciptrat tinta sisa sebelumya. Juga jangan terlalu kuta menariknya, karena bisa terlepas dari bagian rolling, karena jika terlepas, anda harus membongkar printer untuk memasangnya kembali.

Pasang selang buangan tinta ini ke selang baru yang telah anda siapkan. Lihat juga Memperbaiki general error.

Lanjut dengan membuat buat lubang kecil pada penutup botol, bisa menggunakan paku dibakar lalu tekan pada penutup botol agar berlubang rapi. Bisa menggunakan solder atau bor jika ada dengan ukuran pas sesuai selang.

Masukkan selang yang telah dipasang ke printer tadi kedalam botol. Tempel botol kedinding atau ke body printer.

Pembuangan Tinta Printer

Pembuangan tinta telah berhasil kita buat, sekarang saatnya anda melakukan test, apakah buangan tinta berjalan lancar dan hasil masuk kedalam botol.

Pengetesan Pembuangan

Sekarang pembuangan tinta telah berhasil kita buat, apakah telah berjalan dengan baik?

Untuk mengetahuinya anda bisa melakukan test dengan mencetak beberapa lembar dokumen atau foto, atau dengan melakukan head cleaning beberapa kali pada printer Epson atau Canon yang sedang dibuat.

Agar proses berjalan dengan benar, anda bisa melihat video yang telah kami lakukan dibawah ini.

[Video]

Kesimpulan

Pembuangan tinta printer biasanya hanya bertahan 6-1 tahun, jika percetakan lancar dan sering maka buangan tinta akan cepat penuh membuat error printer dan tentu jika tidak dibersihkan membuat kebocoran pada tinta yang merusak meja kerja anda dengan tinta yang meleber kemana-mana.

Membuat pembuangan tinta printer adalah solusi terbaik agar tinta tidak bocor kemana-mana dan mudah dibersihkan, tinggal buang botol atau bersihkan botol maka buangan tinta printer telah siap dari pada harus membeli busa buangan yang banyak menguras kantong kita.

Selain itu, tinta pembuangan yang telah penuh pada printer juga bisa menyebabkan konsleting pada listrik membuat kerusakan internal pada printer.

Leave a Reply

Your email address will not be published.