Cara Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama

Merawat printer adalah hal yang perlu dilakukan agar tetap awet dan tahan lama dalam pemakaian tanpa terjadi error atau tinta yang macet, berikut ini kumpulan tips buat anda untuk merawat printer yang baik sesuai rekomendasi.

Semua kalangan sekarang membutuhkan printer dalam pekerjaan sehari-hari, selain harganya yang sudah murah, mencetak menjadi kebutuhan apalagi kamu mahasiswa atau pelajar juga orang perkantoran.

Cara Merawat Printer

Dalam dunia percetakan juga penting dalam hal merawat printer agar tetap berjalan baik dan lancar tanpa gangguan dan error karena cetakan dalam jumlah yang banyak dan kontinue.

Prospek bisnis dalam dunia percetakan masih menjadi hal yang bagus dan ramai, oleh karena itu banyak yang menggunakan printer juga untuk berbisnis.

Printer memiliki karakteristik yang berbeda, penggunaan jenis tinta yang berbeda, juga ukuran mesin yang dengan berbagai ukuran serta kegunaan. Tidak lain merawat printer juga efeknya dan ujungnya yaitu untuk mengurangi cost biaya dan menjaga tetap hemat printer penggunaan.

Walaupun banyak jenis dan merk printer. Secara garis besar cara merawat printer bisa dibilang sama saja. Agar tetap awet ikuti poin-poin dibawah ini.

  1. Gunakan printer setiap hari, hal ini penting dilakukan agar tinta printer tetap mengalir membasahi noozle head printer untuk mencegah terjadinya pengerasan tinta yang ujungnya membuat noozle head ini mampet. Jika ini terjadi bisa membuat tinta tidak bisa keluar.
  2. Jaga kebersihan printer. Ini juga penting untuk anda lakukan, jangan sampai ada benda kecil yang masuk ke dalam printer. Pengalaman, karena benda kecil masuk ke feed printer bagian belakang, sehingga kertas tidak bisa ditarik/macet. Jaga printer tetap bersih, tutup dengan kain jika tidak digunakan.
  3. Perhatikan tinta printer, jangan sampai tinta printer anda habis total, jika anda menggunakan printer infus anda bisa mengeceknya dengan mudah, jika tinta cartridge biasa akan ada notice yang muncul di komputer. Bersihkan dengan tisue jika ada tinta yang mengotori printer dan lakukan segera.
  4. Matikan printer anda dengan baik ketika tidak digunakan. Matikan dengan baik yaitu dengan menekan tombol on/off. Jangan mencabutnya langsung dari colokan listrik. Karena dengan menekan tombol on/off printer akan menempatkan head pada posisi standby-nya dan melakukan cleaning kecil.
  5. Gunakan kertas yang bagus dan bersih, perhatikan media cetak yang anda gunakan, jangan sampai kertas itu kotor, basah atau terlipat karena ini bisa berbahaya untuk head printer anda. Hal ini juga bisa berbahaya untuk roll penarik printer anda, jika sering terkena debu, kotor, maka semakain cepat roll tersebut aus dan membuat cetakan tidak bisa berjalan lancar.
  6. Gunakan fitur clean head pada printer secara berkala, bisa sehari sekali pada waktu pagi, agar tinta tetap berjalan pada arus selang dan head cartridge tetap basah seperti pada poin pertama.
  7. Gunakan tinta original dan berkualitas, dengan menggunakan tinta asli maka printer menggunakan tinta rekomendasi, setiap merk printer memiliki tinta aslinya, jika anda mengganti dengan merk lain, selain menghilangkan garansi juga membuat printer tidak awet.
  8. Hindari menyentuh chip cartridge dengan tangan, ini bisa mempengaruhi listrik statis dan mengganggu komponen pada printer.

Demikian beberapa cara merawat printer agar tetap awet dan tahan lama seperti yang anda butuhkan.

Walaupun demikian, printer juga terkadang akan mengalami kejadian error seiring berjalannya waktu. Anda bisa mencari di internet cara mengatasi error, karena beberapa error bisa kita perbaiki sendiri dan ini sangat mudah dilakukan.